Jumat, 09 September 2011

Sharing Kul-Kel

hemm mau sharing (baca:curhat) mengenai preseptor saya kemarin nih, siapa tahu nanti ada yang dengan beliau nanti.
preseptor saya dr.Hendra Gunawan, Sp.KK(K), Ph.D
kesan saya selama preseptor dengan beliau : ada sisi enak dan nggak enaknya

enaknya, beliau sangat mem-push kita untuk menggunakan otak kita, men-trigger kita buat mikir..
misalnya nih ya kalo diskusi, harus kritis ! biasanya kan kalo ada temen presentasi kitanya suka ngantuk-ngantuk gitu acuh ga acuh, dan mikirnya 'ah biarin aja toh yang ditanya2 kan yang presentasi doang, hadirin cukup duduk manis'. SALAH BESAR ! beliau ingin kita semua aktif terlibat diskusi, nanya-nanya kek..

kemudian misalnya pada hari itu ada 2 topik yang akan dipresentasikan, ya kita harus baca 2 topik itu, eventough bukan kita yang presentasi topik itu. pokoknya semua pasti kena lah, ga cuma yang presentasi aja !

the point is, beliau ingin kita semua banyak membaca, memperluas wawasan kita, dan menggunakan otak kita (kalau kata beliau : 'USE YOUR BRAIN !'). oh ya, beliau nggak suka orang lelet dan nggak sigap ! hayoo, buat yang biasa leyeh-leyeh kalau bertindak harap diubah ya :) dan lagi kalau diskusi suaranya harus jelas, kalau jawab harus tegas, kalo nggak tau ya bilang nggak tau, jangan ngeles ! kalau bilang mau dicari lagi ya beneran dicari lagi, jangan cuma manis di bibir seperti jaman tutorial dulu (oops). nggak boleh kumur-kumur ngomongnya

aha, beliau juga ingin kita AKTIF ! misalnya ada jam kosong kita tetap harus produktif ! ke perpus (ada di poli kulit lantai 2) kek, baca-baca kek, nanya ke residen kek. beneran, beliau suka nanya 'lah jadi tadi kalian kosong 1 jam ngapain ajaaaa ?!' yah except kalo jam istirahat lah yaa

mungkin kalau nggak enaknya, untuk saya yang tukang ngantuk dengan otak berlabel 'for emergency use only', awalnya kaget aja harus belajar dengan ritme supercepat seperti ini, jujur aja di awal saya sangat stres ! bahkan saya yang orangnya sanguinis sempat down dengan kritik-kritik beliau yang menurut saya agak pedas. Saran saya, jadikanlah kritik itu sesuatu yang konstruktif, jangan jadikan sesuatu yang destruktif, klise memang, tapi begitulah adanya :) pikirkanlah bahwa semua itu biar kita belajar lebih banyak dan nggak cepet puas

overall, lebih banyak enaknya sih. stres2nya cukup sebanding sama hasil yang kita dapat, beneran ! dapet banyak ilmu banget lah kalau dibimbing beliau

okay, sekian sharingnya. semoga bermanfaat.

0 komentar: